Bagaimana Cara Membeli Laptop Bekas Yang Berkualitas Dan Murah Itu?

Membeli Laptop Bekas Yang Berkualitas

Umumnya untuk menghemat budget orang-orang akan memilih membeli laptop bekas daripada baru. Sebab laptop bekas biasanya akan jual dengan harga yang sangat terjangkau. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan laptop bekas dengan spesifikasi tinggi. Namun di dalam pemilihannya tidak boleh dilakukan secara asal-asalan agar nantinya bisa mendapatkan laptop sesuai dengan keinginan. Lalu bagaimana cara membeli laptop bekas itu?.

Tips Membeli Laptop Bekas Yang Berkualitas

Pada dasarnya untuk mendapatkan laptop bekas yang berkualitas tinggi itu tidaklah sulit. Namun dengan catatan Anda telah memahami terlebih dahulu tips membelinya. Adapun beberapa tips membeli laptop bekas yang bisa dipraktekan seperti berikut ini.

Laptop Bekas

Mencari Tahu Kebutuhan

Meskipun saat ini banyak sekali tempat yang menjual laptop bekas namun tetap saja perlu memilihnya perlu disesuaikan dengan kebutuhan. Sebaiknya cari tahu terlebih dahulu spesifikasi dari laptop tersebut seperti processor dan RAM yang dibutuhkan. Jika dalam hal ini Anda ingin membeli laptop hanya untuk digunakan mengetik dan browsing saja maka tidak perlu memilih yang RAM-nya terlalu tinggi. Namun jika laptop itu nantinya akan digunakan untuk mendesain gambar dan edit video maka pilih yang mempunyai RAM besar.

Mengecek Kondisi Body Laptop

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan ketika hendak membeli laptop bekas yaitu mengecek kondisi bodynya. Ceklah semua body laptop apakah ditemukan lecet/retakan atau tidak. Apabila kondisinya masih bagus dan mulus maka bisa dipastikan jika pemilik sebelumnya benar-benar memahami bagaimana teknik merawat laptop. Tetapi jika body laptop itu terdapat retakan dan lecet bisa dipastikan jika perangkat tersebut pernah terjatuh. Bahkan tidak menutup kemungkinan jika komponen yang ada di dalamnya mengalami kerusakan. Oleh karena itu pilihlah laptop yang kondisi badannya masih bagus. Dalam hal ini jika diperlukan Anda bisa mengajak teman atau saudara yang sudah paham terkait perangkat elektronik tersebut agar bisa mendapatkan laptop sesuai keinginan.

Mengecek Kondisi Layar Dan LCD

Selain body penting bagi Anda untuk mengecek kondisi layar dan LED. Pastikan ketika laptop itu dalam kondisi mati tidak ditemukan bintik-bintik atau warna yang berbeda di setiap sudut layar. Di mana cara mudah untuk mengetahui apakah terdapat bintik-bintik pada layar laptop bekas yaitu dengan mengubah wallpapernya menjadi hitam polos. Kemudian lihatlah dengan seksama pada layar apakah terdapat bintik-bintik hitam atau tidak. Sedangkan untuk mengecek kondisi LCD bisa dilakukan dengan cara membuka tutup laptop secara perlahan-lahan. Umumnya layar laptop yang sudah bermasalah ketika digoyang-goyangkan akan terasa lebih kendor dan mengeluarkan warna putih maupun hitam. Selain itu layar laptop yang bergelombang juga bisa menjadi indikasi jika LCD mulai rusak. Selain itu periksa juga apakah terdapat retakan maupun goresan pada LCD.

Mengecek Keyboard

Pada laptop keyboard juga termasuk ke dalam komponen yang memiliki fungsi penting terutama untuk mengetik. Untuk itu penting sebelum membeli laptop bekas memeriksa bagian tersebut. Di mana cara untuk memeriksa keyboard bisa dilakukan dengan mencoba mengetik terlebih dahulu. Jika dalam hal ini terdapat kerusakan pastinya Anda bisa langsung menyadarinya.

Mengecek Kondisi Baterai

Selain keyboard baterai juga termasuk salah satu komponen terpenting dari laptop. Pasalnya tanpa adanya komponen ini laptop tidak bisa berfungsi. Salah satu teknik yang bisa dilakukan untuk mengecek kondisi baterai yaitu dengan mencoba memakai laptop itu selama beberapa menit. Bukalah beberapa software yang cukup berat di dalam laptop tersebut. Kemudian lihatlah level baterai di awal dan setelah digunakan. Jika laptop itu telah digunakan selama 10 hingga 15 menit kemudian level baterai mengalami pengurangan yang cukup cepat maka bisa dipastikan jika komponen tersebut mengalami kerusakan. Bukan hanya itu saja agar bisa mendapatkan laptop gas yang berkualitas Anda juga perlu memeriksa kondisi charger. Dalam hal ini untuk mengetahui apakah kondisi charger itu baik atau tidak bisa dilakukan dengan cara menyambungkannya ke sumber listrik. Setelah itu lihatlah proses pengisian baterai pada kecepatan lambat maupun normal. Pastikan juga kondisi dari charger laptop tidak ada bagian yang terkelupas. Sebab jika ditemukan bagian yang terkelupas kemungkinan besar nantinya tidak bisa digunakan dan laptop dapat hidup mati sendiri ketika dipakai.

Mengecek Bagian Soket

Sama halnya dengan membeli smartphone bekas, ketika hendak membeli laptop bekas Anda juga perlu mengecek bagian songket apakah masih berfungsi atau tidak. Dalam hal ini untuk mempermudah pengecekannya bisa membawa flashdisk, hardisk, kabel HDMI dari rumah. Tidak hanya itu saja namun Anda juga perlu mengecek slot DVD apakah masih bisa digunakan untuk memutar film atau tidak.

Pastikan Jika Tidak Ada Bad Sector

Di dalam kegiatan membeli laptop bekas bagian hardisk juga perlu untuk diperiksa. Langkah pertama pastikan terlebih dahulu hardisk yang dipakai itu telah sesuai dengan spesifikasi dari pabrikan. Jika memang sudah stAndar yakin memakai hardisk 500 GB maka laptop yang harus kamu pilih juga memiliki spesifikasi sama. Kemudian cek seluruh situasi pada hardisk itu. Perlu diketahui bahwa untuk mengecek hardisk tersebut secara total dibutuhkan waktu yang lama. Meskipun begitu tidak perlu khawatir pasalnya ada trik yang bisa Anda lakukan untuk memeriksa kondisi hardisk tersebut. Triknya yaitu cukup melakukan copy paste file memakai file explorer. Dalam hal ini pastikan file memiliki kapasitas besar. Apabila Proses ini berlangsung cukup lama bisa disimpulkan jika kondisi hardisk telah terpapar Bad Sector. Jika hal itu terjadi Anda bisa meminta ganti hardisk dengan mencari laptop lain.

Demikianlah ulasan singkat tentang cara membeli laptop bekas yang bisa dipraktekkan sendiri. Perlu untuk diketahui bahwa dalam hal ini yang paling terpenting ketika hendak membeli laptop bekas yaitu melakukan survei terlebih dahulu. Untuk surveinya sendiri bisa dilakukan dengan mencari informasi di internet atau mendatangi beberapa toko online yang dekat dari rumah. Selain itu penting juga untuk membandingkan harga antara toko yang satu dengan yang lainnya agar bisa mendapatkan laptop murah namun berkualitas.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *